Tim Pengawas KTR tegur Dua Kepsek

Dalam razia tersebut para pelanggar KTR diajukan ke Sidang Tipiring yang digelar di Halaman Kantor Dinas Bina Marga di Jalan Pemuda Tanah Sareal Bogor.

“Dalam razia KTR kali ini selain menyidangkan para pelanggar KTR juga melayangkan surat teguran kepada dua Kepala Sekolah yang tidak mematuhi Perda Nomor : 12 tahun 2009 tentang KTR, “ kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Bogor Nia Nurkania, disela-sela sidang tipring pelanggar KTR.
Nia yang didampingi stafnya Erni menyebutkan, kedua Kepala Sekolah yang ditegur Tim Pengawas KTR yaitu Kepala Sekolah SMPN 5 dan SMPN 12. “ Kami terpaksa mengeluarkan surat teguran karena Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab di Sekolah membiarkan guru dan Satpam merokok diarea Sekolah, dan juga ditemukan pedagang merokok didalam sekolah, “ kata Nia.



Dijelaskan, dalam Perda KTR disebutkan, bahwa Sekolah merupakan area KTR. “Penanggung di sekolah adalah Kepala Sekolah yang mestinya mengawasi di sekitar Sekolah, “lanjutnya.
Nia mengatakan, surat peneguran yang dilayangkan kepada Kepala Sekolah ditandatangani PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) diketahui hakim Pengadilan Negeri Bogor. Sebelumnya  sambung  Nia, Tim Pengawas KTR telah llima surat teguran kepada institusi Pemerintah dan swasta.

“Kami tidak pandang bulu untuk melayangkan surat teguran  karena sudah menjadi komitmen bersama untuk lebih mempertajam penegakkan perda KTR pada tahun 2013 ini, “ tukasnya.
Sejauh ini, lanjut Nia, tindakan yang dilakukan tim pengawas KTR baru sebatas kepada perorangan, namun tim pengawas KTR telah sepakat  melakukan tindakan kepada pimpinan lembaga atau pengelolanya.



Dalam razia KTR di kawasan Tanah Sareal, sebanyak  15 pelanggar KTR yang kebanyakan sopir dan penumpang Angkutan Kota (Angkot) digiring ke Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring).
Dalam sidang tanpa pembelaaan yang dipimpin Hakim Pengadialan Negeri Bogor Dennie Arsan Fatrika SH dengan Jaksa penuntut umum Daryanto SH, para pelanggar KTR dikenakan denda rata-rata Rp20 ribu. (yan/gus)

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor