Bima Arya – Usmar Hariman Menang Dalam Pilwalkot Bogor

Pleno terbuka KPU Kota Bogor, di Gedung Brajamustika Covention Centre, Kamis (19/9/2013) dipimpin langsung Ketua KPU Kota Bogor Agus Teguh Suryaman, dan dihadiri seluruh Komisioner KPU Kota Bogor.
Hadir dalam pleno Ketua Panwaslu Rudy Rochyadi, jajaran Muspida Kota Bogor para PPK dan PPS, serta para saksi pasangan calon.  Dari lima pasangan calon yang ikut dalam Pilwakot hanya pasangan nomor 5 Syaful Anwar – Muztahidin Al Ayubi yang tidak menghadirkan saksinya.  
Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitugan suara yang dimulai pukulk 10.00 wib dikawal ketat ratusan aparat Kepolisian. Ratusan aparat kepolsian berjaga-jaga di sekitar Gedung Brajamustika.
Dari lima Pasangan Calon, pasangan nomor urut 2  Bima Arya – Usmar Hariman menang tipis atas pasangan calon nomor 3 Achmad Ru’yat- Aim Halim Hermana.  Pasangan Bima –Usmar meraih 132.835 suara (33,14%), Sedangkan pasangan Ru’yat – Aim meraih 131.080 suara (32,70 %).  
Sementara tiga pasangan calon lainnya yakni pasangan nomor urut 3, Dody Rosadi – Untung W. Maryono meraih 67.715 suara (16,89%), pasangan nomor urut 5 Syaiful Anwar – Muztahidin Al Ayubi meraih 43.448 suara (10,84%), dan pasangan nomor urut 1 Firman Sidik Halim- Gartono meraih 25.793 suara (6,43%).


Dari lima pasangan calon, saksi pasangan calon nomor 3, tidak mau menandatangani berita acara rekapitulasi perhitungan suara dengan alasan banyak keganjilan dalam Pilwalkot kali ini.  “Kami mengapresiasi jajaran KPU, Panwaslu dan aparat keamanan, sehingga pelaksanaan Pilwalkot Bogor telah berjalan aman, dan lancar, “ kata Dadang.
Namun, lanjut Dadang, tim Ru’yat – Aim akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstutusi (MK) terkait adanya kejanggalan perolehan suara yang terjadi, di sejumlah TPS seperti di wilayah Kecamatan Bogor Timur.  
Kejanggalan dimaksud antara lain money politik, dan black campaign (kampanye hitam)   dan sejumlah kejanggalan lainnya.   “Dalam waktu dekat kita akan layangkan gugatan ke MK, “ tukasnya.


Sementara itu saksi pasangan Bima – Usmar,  Rizal Barnadi bersyukur atas kemenangan ini. Ini merupakan kemenangan seluruh warga Bogor yang menginginkan perubahan, “ kata Rizal. 
Terkait adanya rencana gugatan dari salah satu pasangan calon Rizal menegaskan, bahwa gugatan tersebut urusannya dengan KPU. “ Itu hak mereka, dan gugatan itu urusannya dengan KPU, “ tandasnya. (yan/lan)

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor