Posyandu Teratai Mekar Cibuluh Bersaing di Jabar




Posyandu Teratai Mekar RT. 02 RW. 04 Kelurahan Cibuluh Kecamatan Kota Bogor Utara yang merupakan juara lomba posyandu tingkat Kota Bogor, mewakili Kota Bogor dalam lomba posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2013.


Tim Penilai Provinsi dari Jawa Barat pun datang ke Kota Bogor  untuk melakukan penilaian, Kamis (17/10/13). Mereka disambut oleh Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat, Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Azrin Syamsudin, Ketua TP. PKK Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor Irwan Riyanto, serta Camat Kota Bogor Utara Asep Kartiwa. Lurah Cibuluh Ruswandi.dan LPM Kelurahan Cibuluh serta Ketua Rw/Rt.Se Kelurahan Cibuluh.

Ketua TIM Penilai Lomba Posyandu 2013 TK Povinsi Jawa Barat, Bambang Sugiyanto menyatakan, bahwa kedatangannya ke Kota Bogor bukan untuk mencari juara Jawa Barat, tapi calon juara nasional.



Posyandu Teratai Mekar RT. 02 RW. 04 Kelurahan Cibuluh Kecamatan Kota Bogor Utara akan bersaing dengan 5 Posyandu yang berada di 5 Kota untuk wilayah ini, yang pertama Kota Depok, Bekasi, Bandung, Sukabumi, dan Kota Bogor. Selanjutnya  5 dari dari nominasi ini, 2 terbaik nanti akan bersaing dengan rayon Jabar bagian timur, yaitu Kota Cirebon, Tasik, Kota Cimahi

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat, mengatakan, Posyandu Teratai Mekar adalah Posyandu terbaik di Kota Bogor pada saat ini. Pada awalnya kegiatan Posyandu Teratai Mekar berlangsung dihalaman rumah salah satu warga.

Kemudian sejak tahun 2005 bangunan Posyandu seluas 32 M2 dibangun dengan dana PNPM dan swadaya masyarakat diatas lahan yang merupakan lahan hibah masyarakat.  Sekarang warga sekitarnya sudah memanfaatkan Posyandu tersebut sebagai tempat menyelenggarakan berbagai aktivitas lain diluar aktivitas rutin pemeriksaan kesehtan para bayi, para balita, dan Ibu hamil, serta ibu menyusui.



Diantaranya adalah aktivitas donor darah, pengolahaan sampah rumah tangga termasuk mengolah berbagai jenis limbah untuk dijadikan berbagai jenis kerajinan.

Ru’yat berharap apa yang sudah warga masyarakat lakukan untuk mensukseskan pengembangan fungsi Posyandu Teratai Mekar di Cibuluh, dapat diambil dan dinilai secara objektif berdasarkan data dan informasi yang bisa diperoleh.   Namun, Ru’yat juga berharap ada masukan yang dapat disampaikan oleh tim penilai agar nantinya bisa disempurnakan berbagai kegiatan dan pelayanan Posyandu diseluruh wilayah kota Bogor umumnya.(met/gus)

Editor: yan

 

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor