Mekarwangi Tanah Sareal Siap Menjadi Yang terbaik dalam Program P2WKSS


Tim P2WKSS tingkat Jabar yang berjumlah 3 dipimpin Ketuanya Hj. Neni Alyani dari Badan Pemberdayan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Barat.

Kedatangan Tim  diterima Plt Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mewakili Walikota Bogor, Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Setdakot Bogor Azrin Syamsudin, Kabag Humas Setdakot Bogor Arie Sarsono Budiraharjo, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor Irwan Riyanto, Camat Tanah Sareal Irwan Gumelar, Lurah Mekarwangi Aliyas, TP.PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan, RT, RW, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Ketua Tim penilai lomba P2WKSS Tingkat Jawa Barat Hj. Neni Alyani menyampaikan, bahwa  kedatangannya ke lokasi binaan P2WKSS di RW VI Kelurahan Mekarwangi Kecamtan Tanah Sareal Kota Bogor untuk kedua kalinya.



Menurutnya, kedatangan pihaknya yang kedua kalinya untuk merecheking, karena kedatangan sebelumnya baru melakukan verifikasi data yang dikirimkan oleh para kepala daerah kepada Gubernur Jawa Barat seperti verifikasi data penduduk yang daerahnya miskin.

Dijelaskan,  P2WKSS berbeda dengan lomba Desa, kalau Lomba Desa, Desa yang sudah bagus ditingkatkan  menjadi lebih bagus lagi.  Sedangkan P2WKSS yakni lebih difokuskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, yakni yang tadinya tertinggal menjadi maju.

Recheking, kata dia, merupakan tahap evaluasi setelah Kelurahan ini mengalami proses perubahan.  “Kita ingin melihat apakah kelurahan Mekarwangi sudah menunjukan perubahan atau belum, “ kata dia.

Ia mengatakan, dari hasil recheking, akan memilih 10 terbaik dari 26 Desa/Kelurahan se Jawa Barat. Untuk selanjuutnya akan yang terbaik dalam Program P2WKSS se Jawa Barat.



Sementara itu, Plt Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, bahwa RW VI Kelurahan Mekarwangi adalah wilayah perbatasan dengan wilayah Kabupaten Bogor. Kelurahan ini dinilai tepat untuk penyelenggaraan program terpadu P2WKSS tahun 2013, karena kondisi kehidupan masyarakatnya tergolong masyarakat yang memang perlu diberdayakan.

Mekarwangi yang berpenduduk 18.439 jiwa dengan 14 Rukun Tetangga terdiri dari 9.944 Kepala Keluarga (KK) yang tergolong miskin. Berdasarkan kondisi kehidupan sosial ekonomi yang ada di RW VI ini, maka sejak beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan program terpadu P2WKSS yang dijabarkan melalui 16 program seperi diantaranya program kesehatan, pendidikan, pemukiman, perdagangan, dan sebagainya.

Sekda berharap, bahwa pelaksanaan program terpadu P2WKSS, bukan saja mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan program tersebut, bisa menumbuhkan motivasi dan menggelorakan semangat para pihak yang aktif didalam pelaksanaan program terpadu P2WKSS di wilayah (met/gus)

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor