Puluhan Ibu–Ibu Mekarwangi Demo Sikat Gigi dan Cuci Tangan


Kepala Puskesmas Mekarwangi Adelia Rahmi mengatakan, aksi sikat gigi dan mencuci tangan massal untuk memberikan contoh kepada masyarakat Kampung Bulak, bagaimana tata cara mengosok dan mencuci tangan yang benar.

“Kita berharap dengan kegiatan ini mereka faham tata cara sikat gigi dan cara mencuci tangan dengan benar, sehingga  meraka bisa mengajarkan lagi kepada anggota keluarganya, dan membudayakan kebiasaan tersebut setiap hari, “ kata Adelia di Kantornya,  Senin (30/9/2013).

Adelia menyebutkan, ibu – ibu yang menjadi sasaran praktek tata menyikat gigi dan mencuci tangan yaitu Ibu- Ibu binaan P2WKSS  (Program Peningkatan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera)

Kegiatan ini, lanjut Adelia, juga merupakan kolaborasi program promosi kesehatan dan program kesehatan gigi dan mulut. dengan melibatkan tenaga promosi kesehatan, serta dokter gigi dan perawat gigi Puskesmas Mekarwangi.

Selain itu kaum Ibu, kata Adelia, kegiatan yang sama juga dilakukan terhadap para pelajar MI/SD di Mekarwangi.  “ Ada 150 siswa yang mengikuti sikat gigi dan cuci tangan massal, “ kata Adelia.



Menurut Adelia, sebelum mempraktekan tata cara sikat gigi dan cuci tangan  para siswa ini diberikan penyuluhan kesehatan tentang perlunya sikat gigi dan langkah-langkah cuci tangan yang benar oleh petugas promosi Kesehatan.

Disamping itu juga dilakukan pemeriksaan gigi oleh dokter gigi dari Puskesmas Mekarwangi.  “Ada 50 siswa yang diperiksa giginya terutama mereka yang giginya berlubang. Kita berharap dengan pemeriksaan gigi ini,  mereka tidak akan takut lagi  datang ke dokter gigi, sehingga masalah kesehatan gigi dapat ditangani,”pungkasnya. (yan)

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor