KSM dan Mandor dilatih


Kegiatan pelatihan bagi pengurus kelompok (KSM Mandor dan pekerja pada kegiatan pembangunan MCK serta pekerja Sanimas Reguler dibuka langsung Asisten Administrasi dan Pembangunan Kota Bogor Azrin Syamsudin mewakili Walikota Bogor Diani Budiarto.

Dalam sambutannya walikota Bogor disampaikan, pelatihan ini penting diselelnggarakan sebagai salah satu cara membangun kesamaan pandangan dan kesamaan sikap semua pihak yang akan aktif berpartisipasi pada proyek pembangunan MCK, sehingga akan melancarkan dan mensukseskan proyek pembangunan sanitasi berbais masyarakat.

Diakui, bahwa salah satu problema besar yang kemudian harus diperhatikan dan ditangani adalah semakin berkurangnya daya dukung lingkungan alam terhadap kegiatan masyarakat. Baik ketersediaan air bersih, udara yang bersih dan lahan yang tidak tercemar, semuanya cenderung semakin menyusut atau semakin rusak.

Proyek pembangunan sanitasi berbasis sanitasi merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menghambat laju kerusakan sumber daya lingkungan alam, terutama  ketersediaan air bersih dan terwujudnya kondisi lingkungan pemukiman yang sehat.

Sementara penanggungjawab pelatihan Abdul Karim mengungkapkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pelaksana pembangunan sanitasi berbasis masyarakat. Ada dua kelompok yang kita latih yaitu kelompok swadya masyarakat yang akan lebih banyak diberikan pengarahan bagaimana mengelola proyek ini seperti bagaimana mempertanggungjawabkan keuangan, bagaimana mengelola keuangan dan program ini bisa selesai sesuai yang kita harapkan.

Sedangkan untuk kelompok mandor dan tukang untuk memberikan pembekalan kepada mereka yang nanti mengerkakan pembangunan ini sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku, karena salah satu unggulan dari kegiatan ini adalah pembuatan sarana pengolahan air limbah.



Pekerjaan pembangunan rencananya ini akan dimulai pertengahan September mendatang.   Adapun peserta petihan diikuti pengurus KSM masing-masing 3 orang, mandor dan tukang 3 orang  Sedangkan setiap KSM 1 orang calon mandor dan 2 orang calon tukang.

Sementara pelatihan diikuti  12 KSM  Sanimas Reguler yaitu KSM Kelurahan Bojong Kerta 2 KSM dan masing-masing 1 KSM dari Kelurahan Rancamaya, Sindangsari, Panaragan, Kebon Kalapa, Loji, Cilendek Barat, Cilendek Timur, Kedung Waringin, Mekar Wangi, Kelurahan Sukaresmi dan 1 KSM Sanimas Kementrian Lingkungan Hidup yaitu di Kelurahan Gudang.

Pelaksanaan pelatihan KSM)dan mandor/tukang di lakukan di ruangan dan di Kelurahan Katulampa untuk kunjungan lapangan.(gus)

Editor : yan

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor