Perkuat Budaya Sunda Bumi Aki Hadir di Bogor


“Sesuai saran dan masukan dari salah satu Budayawan Bogor Dadang HP, kami siap memperkuat budaya sunda di Kota Bogor Artinya, pada saat – saat tertentu seni dan  budaya sunda akan kita tampilkan untuk mengiringi para konsumen yang datang, “ kata Dedih pada acara Grand Launching  Rumah Makan Bumi Aki di Jalan Raya Pajajaran Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Sabtu (31/8/2013).
Dedih menyatakan, pihaknya siap mengakomodir keinginan para budayawan dan seniman sunda di Kota Bogor.  Selain akan menyuguhkan seni dan budaya sunda, kostum para pegawai dan pelayanan restoran pun pada hari-hari tertentu akan kita wajibkan mengenakan kostum bernuansa sunda, seperti penggunaan totopong lengkap dengan baju kampretnya.

 



“Kita memang  konsen terhadap budaya sunda. Kita bisa melihat pada saat Grand Opening untuk memperkenalkan bahwa Bumi Aki telah hadir di Bogor ditampilkan seni dan budaya sunda, Bahkan, kaulinan barudak urang lembur (permaianan anak-anak di desa) kita tampilkan seperti engrang,  engkle, dan lisung. “ tutur Dedih.
Lebih lanjut Dedih mengatakan, Bumi Aki memiliki konsep tersendiri. Dengan mengembangkan suatu kuliner Sunda, akan tetapi kuliner Sunda yang Nasional.“Saya berpikir bagaimana membuat suatu konsep kaki lima dengan penyajian bintang lima. Dan ini bagian yang akan kita refleksikan di rumah makan Bumi Aki,” ucap Dedih.

Ketua KONI Cianjur ini mengatakan, bahwa Kota Bogor merupakan bagian dari para pencinta kuliner. Makanya dirinya segaja memilih untuk lokasi rumah makan tersebut di Jalan Pajajaran, karena memang kawasasn itu bagian dari daerah kuliner. “ Sedangkan makanan yang disajikan diantaranya nasi timbel. Selain itu ada  sate kambing, sop kambing, sop buntut serta ikan bakar,” urainya.
Sebagai tanda dibukanya Rumah Makan Bumi Aki Bogor dilakukan permukukan gong oleh pemilik Rumah Makan Bumi Aki Dedih Satria Priatna. Hadir pada kesempatan tersebut Camat Bogor Tengah Estiningsih, dan Lurah  Babakan, serta jajaran Muspika Bogor Tengah.(met/gus/lan)
Editor : yan

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor