PKK Kelurahan Menteng Bogor Barat Menarik Perhatian Provinsi Jabar

Tim dari Jabar datang ke RW 09 Kelurahan Menteng untuk melakukann penilaian langsung di wilayah tersebut, pada Rabu (27/2013).  Kedatangan tim penilai Jabar diterima Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat, Ketua TP PKK Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto,  Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Irwan Riyanto, Camat Bogor Barat Usman TZ, Para Lurah se –Kecamatan Bogor Barat dan jajaran pengurus TP. Kota, Kecamatan dan Kelurahan, LPM, tokoh masyarakat  serta para Kader Posyandu.

Kedatangan tim monitoring yang diketuai oleh Hj. Tuti Sutiamanah disambut meriah dengan tarian penyambutan dan marawis para siswa SMP 6 Kota Bogor. Hal yang paling menonjol dari kegiatan PKK Kelurahan Menteng adanya peningkatan kelompok dasa wisma.



Seperti diungkapkan Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kelurahan Menteng Eneng  Nursaidah,  Kelompok Dasawisma Kelurahan Menteng  kini sudah mencapai 228  kelompok.  Selain itu, ada Kegiatan Bina wilayah, PKK sampai RT dan RW sehingga terjadi peran dan fungsi kelompok PKK sampai tingkat RT dan  RW.

Kegiatan lainnya, program Penghayatan dan Pengamalam Pancasila dan  gotong royong.“ Program penghayatan dan pengamalan pancasila mencakup pembinaan intensif kepada 33 kelompok pengajian  disemua RT dan RW, “ kata Eneng,
Disamping itu, ada simulasi pola asuh anak  dan gender, pembinaan 20 kelompok pemulasaraan jenazah bagi ibu-ibu dan  remaja,.  Bina keluarga Lansia (Lanjut Usia)  kelompok Bina remaja, Kelompok Kecakapan keorangtuaan serta sosialisasi keluarga  sakinah dan UU perkawinan

Ketua Tim monitoring Hj. Tuti Sutiamanah menyadari bahwa keluarga mempunyai peran strategis serta penting baik sebagai subjek maupun objek dalam melaksanakan berbagai program pembangunan.  “Tim Penggerak PKK secara kelembagaan mengakar kuat sampai ke tingkat Kelurahan RW, RT dan Dasawisma, “ kata dia.



Ia mengatakan, PKK menentukan keberhasilan berbagai program pembangunan, karena itu PKK harus terus memperkuat serta memperkuat kemitraan dengan berbagai sektor serta para penyenggara pembangunan, khususnya di bidang kependudukan dan pemberdayaan masyarakat.  “Ini cukup penting untuk menjawab berbagai tantangan di bidang kependudukan maupun kesehatan dewasa, “ kata

Wakil Walikota Bogor Ahmad Ru’yat,  berharap kunjungan tim dari Jabar bisa meningkatkan motivasi untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pelaksanaan program Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan.
Ru’yat menambahkan, Pemerintah Kota Bogor senantiasa mendorong program layanan kesehatan. Disini hadir kader-kader posyandu, para dokter dari Dinas Kesehatan, puskesmas dan tokoh masyarakat.  “Saya yakin mereka semua bisa menjelaskan memberikan penyuluhan kepada Ibu hamil bagaimana menjaga kehamilannya  dan dapat melahirkan dimaksimalkan secara normal, “ pungkasnya. (gus)

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor