Renstra Kecamatan Bogor Barat

Renstra Kecamatan Bogor Barat

Latar Belakang

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 13 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Kecamatan merupakan wilayah kerja camat sebagai perangkat daerah yang masing-masing dipimpin oleh seorang camat yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada walikota dan sekretaris daerah

Kecamatan berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 52 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok, Fungsi, Tata Kerja dan Uraian Tugas Jabatan Struktural di Lingkungan Kecamatan, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan di bidang pemerintahan, untuk melaksankan tugas pokok tersebut Kecamatan mempunyai fungsi sebagai berikut :

1. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat

2. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum

3. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan

4. Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum

5. Pengkoordinasian penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan

6. Pembinaan penyelenggaraan pemerintah kelurahan

7. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya

8. Pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh walikota

9. Penyelenggaraan tugas-tugas lain yang diberikan oleh walikota.

Disamping itu ada 3 (tiga) buah kewenangan yang diserahkan oleh Walikota kepada Camat berdasarkanPeraturan Walikota Nomor 3 Tahun 2005 yakni Pelayanan Umum Bidang Kependudukan, Izin Mendirikan Bangunan, dan Izin Gangguan/HO, yang pelaksanaan teknisnya ditetapkan dengan ketentuan tertentu,  namun dengan adanya  Undang-undang  Nomor  23 Tahun 2006 dan PP 37 serta Perda nomor 16 Tahun 2008  yang menyangkut penyelenggaraan administrasi kependudukan, maka kewenangannya telah ditarik oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, jadi ditingkat Kecamatan hanya tinggal 2 (dua) kewenangan saja, yaitu Izin Mendirikan Bangunan, dan Izin Gangguan / HO.

Sumber : Kecamatan Bogor Barat (2012)

CopyRight@Kantor Kominfo Kota Bogor